(62-21) 5732241
customer.relation@rsjakarta.co.id
Follow Us: ">

Atasi Ketakutan Anak Kedokter Gigi

Oleh: drg.Yuri Desi Pratamasri,SpKGA | 2015-03-20 09:46:11

Senang sekali apabila anak terlihat sehat dan aktif, apalagi orangtua sang anak selalu memberikan contoh yang baik dalam menjaga kesehatan gigi, setelah makan atau tiga kali sehari untuk mengingatkan sang anak tentang kebersihan gigi mereka. Tidak heran banyak anak yang masih takut untuk mengunjungi dokter gigi baik di Klinik gigi, Puskesmas, atau pun RS yang menyediakan layanan Dental-nya.

Dengan berbagai alasan mereka menolak untuk diperiksa kesehatan giginya, dari mulai trauma dengan suara mesin/alat kedokteran gigi, ataupun rasa sakit ketika alat tersebut menyentuh gigi mereka. Pengenalan kesehatan gigi sejak dini sangat dibutuhkan bagi anak-anak dalam tumbuh kembang mereka, berbagai macam cara dilakukan oleh orangtua sang anak, agar mereka mau ikut untuk memeriksakan kesehatan gigi mereka.

Beberapa trik untuk anak-anak agar mau diajak ke dokter gigi :

  • Sebelum beranjak ke dokter gigi orangtua dan anak, berpura-pura bermain doker gigi dengan begitu maka anak anda akan merasa nyaman karna sudah dipraktekan walau hanya dengan cara bermain.
  • Berikan saran kepada anak sebelum mereka tidur dan ketika bangun tidur, bahwa pentingnya menjaga dan merawat kesehatan gigi sejak dini
  • Jangan pernah mengiming-imingi anak anda dengan makanan, benda/Hadiah apabila anak akan diajak untuk periksa kesehatan giginya, karna akan ada efek psyologist apabila keinginan mereka tidak dapat dipenuhi oleh orangtua.
  • Mendengarkan pendapat sang buah hati, jangan terlau memaksakan karena ada masa dimana mereka akan ikut memeriksakan kesehatan giginya.
  • RS Jakarta – Jakarta Dental Clinic, memiliki spesialis kedokteran gigi khusus anak (Pedodontis) para ahli yang dapat mengatasi permasalahan mengenai kesulitan menghadapi anak-anak yang takut atau sukar untuk diperiksakan kesehatan giginya. Drg.Henny O Danan, SpKGA,MPH dan drg.Yuri Desi Pratamasri,SpKGA jadi bagi anak-anak tidak takut lagi untuk check kesehatan giginya.

    Copyright © 2014 Rumah Sakit Jakarta