(62-21) 5732241
customer.relation@rsjakarta.co.id
Follow Us: ">

Karang Gigi Pada Anak

Oleh: 0 | 2015-05-06 09:59:34

Pernahkah Anda mendengar istilah karang gigi? Sebenarnya apa sih yang dimaksud karang gigi tersebut dan apa penyebab munculnya karang gigi pada anak-anak? Karang gigi memiliki nama lain yakni kalkulus, ia merupakan kotoran yang menempel pada gigi yang tidak segera dibersihkan sehingga kotoran tersebut menjadi keras dan membatu sehingga sulit dibersihkan, apalagi jika hanya meggunakan sikat gigi biasa. Karang gigi memang sangat mengganggu penampilan seseorang, oleh karena itu kita perlu membersihkan karang gigi dengan baik dan benar

Penyebab munculnya karang gigi di usia dini

Munculnya karang gigi anak biasanya karena pola makan yang tidak sehat, yakni kebiasaan mengkonsumsi makanan yang manis-manis dan kurangnya memperhatikan kebersihan dan kesehatan gigi. Sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan dengan baik akan menempel pada gigi yang menjadi kotoran gigi/plak. Plak sendiri bisa terbentuk akibat aktivitas bakteri yang mengubah sisa gula yang ada di atas permukaan gigi. Jika, plak tersebut dibiarkan menempel pada gigi, maka lama kelamaan akan mengeras dan membatu, dan itulah awal mula muncullah karang gigi. Karang gigi yang terletak di tepi gusi yang disebut supragingival, sedangkan yang berada di celah antara gigi dan gusi disebut subgingival. Pada umumnya karang gigi memiliki warna layaknya karang yakni, putih-kuning, bahkan ada yang kuning kehijauan. Karang gigi sangat sulit dibersihkan, apalagi jika hanya mengandalkan sikat gigi biasa, oleh karena itu perlu ditangani dengan baik oleh dokter gigi.

Mencegah Karang Gigi Anak

Jadi untuk menghindari penyebab munculnya karang gigi anak adalah dengan membiasakan anak kebiasaan baik menyikat gigi 2 kali sehari atau sesudah makan dan sebelum tidur, meningkatkan konsumsi sayur dan buah-buahan, kurangi konsumsi makanan yang mengandung gula dan tepung, dan membiasakan anak periksa gigi ke dokter gigi.

Cara Membersihkan Karang Gigi Anak

Biasanya, Dokter gigi akan melakukan pembersihan karang gigi yang disebut dengan istilah scaling dengan menggunakan bantuan alat bernama scaler. Pembersihan tersebut bisa dilakukan secara manual, atau ultrasonic, namun harus dilakukan oleh dokter atau perawat gigi dan tidak bisa dilakukan sendiri. Karena penanganan yang salah justru akan memperparah kondisi gigi. Jika karang gigi anak tidak dibersihkan dan dibiarkan menumpuk, maka akan memicu gangguan kesehatan, seperti bau mulut, gigi rapuh, radang gusi.

Copyright © 2014 Rumah Sakit Jakarta