(62-21) 5732241
customer.relation@rsjakarta.co.id
Follow Us: ">

Mengenal Kawat Gigi

Oleh: 0 | 2019-05-09 09:14:34

Kawat gigi atau yang biasa disebut behel adalah alat yang umum digunakan untuk mengkoreksi susunan gigi yang tidak rata. Pemasangan yang baik umumnya dilakukan oleh dokter ortodonti, yaitu dokter gigi yang telah menjalani pendidikan khusus /spesialis. Dengan perkembangan teknologi dan bahan yang makin modern membuat pemasangan kawat gigi tidak lagi terasa sakit seperti dulu.

Berikut ini merupakan beberapa indikasi perlunya dilakukan bedah orthognathik :

Pemasangan kawat gigi biasanya digunakan untuk memperbaiki susunan gigi untuk tujuan estetika atau memperbaiki penampilan. Padahal, lebih dari itu penggunaan kawat gigi juga bertujuan untuk memperbaiki fungsi dan juga membantu menjaga kesehatan. Gigi yang tidak rata meningkatkan risiko penumpukan plak dan sisa makanan yang dapat menyebabkan penyakit gusi penyakit periodontal yang menyerang jaringan pendukung gigi dan tulang penyangganya. Selain itu, gigi yang tidak rata membuat makanan tidak dapat diolah dengan sempurna oleh gigi sehingga bisa menyebabkan masalah pencernaan.

Pada umumnya masalah gigi yang tidak rata muncul saat gigi permanen tumbuh. Pada anak-anak waktu yang tepat untuk menggunakan kawat gigi biasanya sekitar usia 12 tahun. Namun terkadang berbeda-beda. Hal ini tergantung beberapa hal salah satunya tingkat keparahan kelainan posisi gigi, tahap pertumbuhan dan kekooperatifan pasien. Kawat gigi tidak lagi didominasi anak-anak namun orang dewasa pun dapat menggunakan alat ini. Demikian disampaikan oleh drg.Vika Novia Zamri, Sp.Ort salah satu dari tim spesialis ortodonti Jakarta Dental Clinic -RS Jakarta. Tidak ada kata terlambat dalam penggunaan kawat gigi. Fungsi dan manfaat kawat gigi pada orang dewasa sama dengan pada anak-anak. Hanya saja jangka waktu pemakaian pada orang dewasa biasanya relatif lebih lama jika dibandingkan dengan anak-anak.

Untuk informasi selanjutnya silahkan hubungi dokter gigi, dokter spesialis orthodonti, dan dokter spesialis ortodontis di Jakarta Dental Clinic RS Jakarta Jl. Garnisun no.1 Jend Sudirman Jakarta 12930 tlp. 021 573 2241 ext 132

Copyright © 2014 Rumah Sakit Jakarta