(62-21) 5732241
customer.relation@rsjakarta.co.id
26987875
Follow Us:

Layanan

Filling

Apa yang dimaksud dengan filling gigi (tambalan)?

Filling gigi adalah prosedur restorasi gigi, di mana dokter gigi menghilangkan bahan gigi yang sudah rusak dan membusuk itu, kemudian membersihkan permukaan gigi secara menyeluruh dan mengisi rongga dengan bahan filling gigi yang sesuai. Penutupan rongga (cavity) akan mempertahankan gigi yang sudah membusuk untuk tidak memparah dan menutup jalan bakteri untuk masuk.

Bagaimana caranya menghindari filling?

Langkah-langkah pencegahan yang diambil dapat bekerja sebagai obat. Untuk meminimalkan resiko gigi berlubang, dokter gigi akan menyarankan hal-hal berikut:

  • Gunakana sikat gigi lembut untuk menyikat gigi
  • Sikat gigi Anda dua kali sehari sebaiknya pada pagi dan malam hari
  • Gunakan pasta gigi yang paten dengan fluoride
  • Flossing setiap hari
  • Dapatkan diet seimbang yang mengandung vitamin C yang cukup
  • Kunjungi dokter gigi segera dalam kasus nyeri

Tambalan gigi berwarna disebut juga tambalan putih (white fillings) diperkenalkan pada tahun 1960-an. Tambalan gigi digunakan untuk mengembalikan gigi retak atau rusak dan memperbaiki penampilannya menjadi alami seperti struktur gigi.

Selain memulihkan gigi patah atau membusuk, tambalan gigi berwarna kosmetik dapat mengubah ukuran, warna dan bentuk gigi yang sudah membusuk. Ini dapat membantu dalan menutup atau meminimalkan kesenjangan gigi.

Dalam perbandingannya dengan tambalan amalgam, tambalan gigi berwarna kurang tahan lama dan memerlukan perawatan lebih sering. Dalam prosedur filling gigi berwarna, sangat penting untuk menjaga gigi kering dan bersih sebelum menerapkan tambalan untuk rongga. Dengan tambalan gigi berwarna, gigi busuk atau retak diubah menjadi gigi putih yang terlihat alami. Dalam prosedur filling gigi berwarna, bahan filling seperti filler kaca terikat jika mencampurnya dengan ikatan matriks keras seperti matriks cairan akrilik juga disebut BIS-GMA. Dalam hasil filling, jejak logam seperti emas atau tembaga memberikan warna titanium oksida sementara dan zirconium menambahkan opacity.

Filling gigi adalah prosedur restorasi gigi, di mana dokter gigi menghilangkan bahan gigi yang sudah rusak dan membusuk
Copyright © 2014 Rumah Sakit Jakarta